Terjemahkan dalam bahasa asing

Rabu, 18 Januari 2012

Cara makan Pizza


Hayo, kalian yang sering makan Pizza, kalo makan pizza pake pisau sama garpu atau pake tangan? Pake tangan kanan atau tangan kiri?

Kemaren penulis jalan-jalan di sebuah mall di pusat kota Yogya liat banyak bule pada makan di restoran pizza berlogo topi merah. Nah pada waktu itu penulis liat kalo bule itu makan pizza nya malah pake tangan.
Nah loh… mereka pake tangan makannya padahal udah disedian garpu dan pisau.

Kenapa bisa seperti itu? Yok kita urutin dari sejarah makanan ini.

Kita tahu bahwa Negara asli pizza ada di benua eropa lebih tepatnya kota Naples, Italia. Pada waktu itu pizza tidak mempunyai toping seperti sekarang, hanya berupa roti panggang yang berbentuk bulat, terbuat dari gandum dan menggunakan rempah-rempah sebagai bumbunya. Karena hanya terbuat dari gandum, maka roti ini dikenal sebagai makanan rakyat yang dijual dengan harga murah di pinggir jalan.
Traditional pizza

Pada sekitar tahun 1800-an, Ratu Margherita melihat banyak rakyatnya yang makan roti ini, hingga ia tertarik untuk mencobanya. Hal ini menjadi pembicaraan di kalangan istana, karena sang Ratu menyukai makanan kaum petani dan orang miskin. Hal ini dinilai tidak pantas. Namun Ratu Margherita tidak mempedulikan protes tersebut. Ratu Margherita kemudian mendatangkan koki pizza yang paling terkenal dan mempekerjakannya di istana, dialah Rafaelle Esposito.

Pizza margherita
Rafaelle kemudian membuat  pizza dengan topping diatasnya, terdiri dari tomat yang berwarna merah, keju mozzarella yang berwarna putih, dan daun kemangi/basil yang berwarna hijau. Topping tersebut disusun seperti bendera Italia.
Sejak saat itu Pizza menjadi terkenal di seluruh dunia, dan dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat.

Pizza juga berkembang di Amerika, dibawa oleh imigran yang berasal dari Italia. Dulu pizza hanya dijual di kalangan imigran Italia dan keturuannnya. Dimana mereka juga masyarakat bawah. Hingga kini, pizza menjadi sebuah bisnis besar yang dijual ke seluruh orang di Amerika, tidak hanya keturunan Italia.
Hawaian pizza

Begitulah sejarah pizza. Karena dulu pizza adalah makanan rakyat kecil dan hanya dijual di pinggir jalan maka kebanyakan mereka makan pizza dengan menggunakan tangan, sedangkan untuk kalangan atas seperti kerajaan atau bangsawan, mereka makan pizza dengan menggunakan pisau dan garpu agar terlihat lebih sopan. Kita tahu bahwa negara-negara di Eropa memiliki aturan dalam hal makan resmi (table manner), maka digunakannlah pisau dan garpu untuk menyantapnya.
Table manner

Cara makan pizza di Amerika pun mirip dengan di Italia, kebanyakan dari mereka makan pizza dengan tangan, karena pizza terkenal dengan makanan cepat saji yang dijual di pinggir jalan bersama burger dan hotdog.

Kesimpulannya, kita mau makan pakai pisau garpu biar kaya orang eropa kelas atas boleh, mau makan dengan tangan biar lebih merakyat kaya bule tersebut juga boleh.
Tapi ada satu hal yang paling penting, jangan makan dengan tangan kiri, makanlah dengan menggunakan tangan kanan.

Sekian.
Trimakasih sudah membaca blog kami.
J


Disusun dengan sedikit perubahan, Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar