Terjemahkan dalam bahasa asing

Kamis, 24 November 2011

Ngobaran Beach



Yogyakarta, sebuah propinsi yang memiliki beragam budaya dan tempat wisata. Kota ini menjunjung tinggi nilai seni dan budaya. Tak perlu diragukan lagi kebenarannya, bahkan wisatawan manca negara pun jauh-jauh terbang ke kota ini untuk melihat kebudayaan dan lokasi wisata yang ada di Yogyakarta. Gunung Kidul, merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi wisata pantai yang sangat bagus. Di kabupaten ini membentang pantai berpasir putih dan tebing karang yang sangat megah. Pantai yang tekenal di sana antara lain Pantai Baron, Pantai Kukup, dan Pantai Krakal. Ada pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi selain pantai tersebut, yaitu Pantai Ngrenehan dan Pantai Ngobaran.
Salah satu sudut pemandangan dari Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran, satu diantara lokasi wisata pantai yang memiliki nilai yang tinggi, di pantai ini menggabungkan antara kebudayaan jawa kuno dan keindahan alam yang menakjubkan. Untuk mengunjungi pantai ini membutuhkan waktu yang cukup melelahkan, kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Jogja. berlokasi di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Merupakan pantai yang masih alami dan eksotik. Pada google earth dapat dijumpai pada posisi : Latitude 8° 7'9.60"S dan Longitude 110°30'16.60"E.

Untuk menuju pantai ini ada 2 jalur yang dapat ditempuh. Pertama melalui Jalan raya Jogja-Wonosari, Setelah sampai di pertigaan Playen (km 32), anda akan melihat petunjuk jalan ke arah kanan ( air terjun sri getuk, pantai ngrenehan dan pantai ngobaran ). Tinggal mengikuti jalan tersebut hingga anda sampai ke pantai. Namun ada beberapa persimpangan yang tidak terdapat petunjuk arah ke pantai tersebut. Jika anda tersesat cobalah untuk bertanya ke penduduk sekitar. Jalur kedua adalah melewati kecamatan Panggang, dari kota Jogja ambil jalan ke arah jalan Imogiri lalu ke arah Panggang. Setelah melewati kecamatan Panggang anda lalu memasuki kecamatan saptosari, anda akan menemukan petunjuk jalan ke arah pantai baron, krakal dan pantai ngrenehan. Belok kanan ke arah pantai ngrenehan dan ngobaran.

jalanan yang curam menurun dapat melihat laut
Jalan yang akan anda tempuh cukup melelahkan, tidak hanya jalan yang sempit tetapi ada juga harus berhati-hati dengan jalan yang berlubang, tikungan tajam yang menanjak, dan juga jurang yang selalu menemani anda selama perjalanan. Penulis menyarankan sebaiknya menggunakan sepeda motor, karena jalannya hanya selebar ±3m. Apabila ada 2 mobil berpapasan harus ada yang mengalah, perlu hati-hati juga apabila ada truk yang melintas.

tempat ziarah tampak depan seperti pura
Meskipun jalanannya tergolong rata dan beraspal, pengemudi harus berhati-hati. Pemandangan di sepanjang jalan cukup menarik perhatian, dan hanya yang membonceng yang dapat menikmatinya. Apabila pengemudi tidak berhati-hati, jurang di depan anda selalu mengintai. Tak hanya itu, penulis juga menyarankan agar tidak pulang ketika hari sudah gelap karena sepanjang jalan tidak ada penerangan jalan yang cukup.

Rasa lelah selama perjalanan anda akan terbayar setelah sampai di Pantai. Memasuki area Pantai ini hanya dikenakan biaya Rp3.000,00 untuk 1 sepeda motor dengan 2 penumpang ( murah banget :-D ). Di pantai ini anda akan menemukan suasana pantai yang lain daripada yang lain. Kenapa demikian? Karena anda akan melihat laut dari atas tebing karang. Untuk dapat menyentuh air laut anda harus menuruni beberapa anak tangga.
tempat ziarah tampak dari dalam

Di atas tebing, terdapat sebuah bangunan yang bentuknya mirip pura, di mana di dalamnya terdapat beberapa patung antara lain patung hanoman (anoman), ganesha, dan garuda. Bangunan ini dibuat sebagai tempat ziarah untuk mengenang leluhur bangsa Indonesia.
Peresmian tempat ziarah dibangun tahun 2004
  
Tempat ini sebenarnya sangat bagus dan bernilai budaya tinggi, namun sayang keindahannya dirusak oleh tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. 
patung banyak yang menghadap selatan
Banyak yang membuang sampah sembarangan dan mencoret-coret dinding di sekitar bangunan, hal ini mengakibatkan lokasi tersebut kurang nyaman dipandang. 

Penulis berharap agar suatu ketika anda mengunjungi tempat ini, jagalah kebersihan. Buanglah sampah di tempat sampah. Dan juga jangan mengotori tempat ini dengan mencoret-coret dinding, baik dengan menggunakan spidol, tipe-x atau bahkan pilox.

Sekian dan terimakasih. J


3 komentar:

  1. request pic tangga menuju pantai dan pantai yg ada di bawah tebing dong mas.

    BalasHapus
  2. hehehe...
    ya besok kalo kesana lagi tak ambilin fotonya...
    :-D

    BalasHapus
  3. Players ought to always wager carefully anyplace, but 카지노사이트 particularly when opening a brand new account online with an unfamiliar brand

    BalasHapus